Breaking News
Loading...
Sunday, 24 February 2019

Di Lampung, BBPOM Masih Temukan Makanan Mengandung Pewarna Tekstil dan Boraks

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Bandar Lampung menyebut Rhodamin B dan Boraks mendominasi temuan makanan yang mengandung bahan berbahaya. Bahan tambahan pangan (BTP) berbahaya itu terutama terdapat pada produk makanan di pasar tradisional.

"Untuk persoalan di Bandar Lampung, masih ada temuan BTP berbahaya, terutama di pasar tradisional. BTP berbahaya itu ada pada makanan seperti keripik, klanting, dan lainnya," kata Kepala BBPOM Bandar Lampung Syamsuliani, Minggu (3/2/2019).

Ia mengungkapkan, Rhodamin B yang merupakan pewarna tekstil banyak terdapat pada jajanan yang warnanya tampak mencolok.

"Warnanya jadi 'cantik' supaya masyarakat, terutama anak-anak, jadi terpikat dan senang," ujarnya.

Sementara boraks yang bisa mengembangkan atau mengenyalkan makanan, ungkap Syamsuliani, biasanya terdapat pada makanan seperti keripik tempe.

"Dari ukuran aslinya kecil, bisa jadi lebar. Sedangkan harganya murah. Padahal kan berbahaya bagi orang yang mengonsumsi. Bisa memicu kanker dan lainnya," katanya.

Sebagai langkah antisipasi, BBPOM berkoordinasi dengan Pemkot Bandar Lampung pada Jumat (1/2/2019). Khususnya terkait Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 41 Tahun 2018 tentang Peningkatan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Daerah.

"Permendagri itu mempertegas bahwa pendanaan untuk pembinaan ada di pemerintah daerah. Alhamdulillah Pak Wali Kota (Herman HN) support untuk menganggarkan sosialisasi pendampingan saat audiensi kemarinm," ujar Syamsuliani.

"Nanti akan rutin turun bersama-sama, tidak hanya waktu-waktu tertentu seperti pada bulan Ramadan, Tahun Baru, dan lainnya," sambungnya.

Syamsuliani menambahkan, audiensi di pemkot turut menyinggung pembinaan terkait jajanan anak di sekolah-sekolah. Pihaknya telah mengadakan pelatihan fasilitator sekolah sebanyak 50 orang. Satu fasilitator turun ke 10 sekolah sebagai pendamping dalam hal komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) keamanan pangan di kantin sekolah.

"Kami juga ada target memberi reward (penghargaan) kepada kantin sekolah," imbuhnya.

Lebih Hati-hati

Sejumlah warga mengaku sudah lebih berhati-hati membeli produk makanan. Mulai dari membaca komposisi bahan makanan hingga memastikan adanya label BPOM dan logo halal dari Majelis Ulama Indonesia.

"Pernah lihat berita di TV atau info di internet, kalau makanan itu ada zat Rhodamin B itu, warnanya kelihatan mencolok. Nah kalau ketemu yang seperti itu, lebih baik nggak saya beli," tutur Nur, warga Kemiling, Minggu (3/2/2019).

Yanti, warga lainnya, mengaku lebih memperhatikan tekstur produk makanan atau bahan pangan sebelum membeli.

"Mau beli tahu di pasar, misalnya. Kalau teksturnya terlalu keras, nggak pada umumnya, nggak akan saya beli. Lebih baik antisipasi dari awal," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di tribunlampung.co.id dengan judul BBPOM Masih Temukan Makanan Mengandung Pewarna Tekstil dan Boraks, http://lampung.tribunnews.com/2019/02/03/bbpom-masih-temukan-makanan-mengandung-pewarna-tekstil-dan-boraks?page=2. Penulis: Eka Ahmad Sholichin - Editor: yoso 


Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer