Saturday, 8 September 2018

Cara Termudah Mengamati Ikan Berformalin atau Tidak

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun para ibu harus berhati-hati dalam membeli ikan. Sebab, ada saja pedagang yang menggunakan zat formalin untuk mengawetkan ikan. Ahli diet di Max Hospital, Dr Ritika Samadar mengungkapkan cara mudah mengenali ikan berformalin dilihat dari bau dan teksturnya.

“Ikan yang diawetkan dengan formalin akan kaku, bersisik keras,” ujar Samadar, dilansir dari Indian Express.

Ikan yang berformalin juga tidak mengeluarkan bau amis seperti biasanya. Lalat juga tidak berkeliaran di dekat ikan yang diawetkan dengan formalin.

Selain itu, Dr Joydeep Ghosh dari Fortis Hospital di Kolkata menuturkan cara menangani ikan berformalin yang terlanjur terbeli. “Satu-satunya cara menghilangkan formalin pada ikan adalah dengan mencucinya dengan air keran selama 10 hingga 12 menit. Tidak cukup direndam dalam air,” kata Ghosh.

Formalin adalah larutan 37% Formaldehida dalam air yang biasanya mengandung 10 – 15% methanol untuk mencegah polimerisasi. Formalin banyak digunaan sebagai desinfektan untuk pembersih lantai, kapal, gudang, dan pakaian, sebagai germisida dan fungisida pada tanaman dan Sayuran , serta sebagai pembasmi lalat dan serangga lainnya.

Menurut BPOM penggunaan formalin pada produk pangan sangat membahayakan kesehatan karena dapat menyebabkan efek jangka pendek dan panjang tergantung dari besarnya paparan pada tubuh. Dampak formalin pada tubuh manusia dapat berefek jelek pada kesehatan manusia secara langsung seperti iritasi, alergi, kemerahan, mata berair, mual, muntah, rasa terbakar, sakit perut dan pusing.

Ghosh mencatat berbagai efek Akut yang dapat terjadi pada kesehatan manusia jika mengonsumsi ikan berformalin. Yakni, sakit perut, efek berbahaya pada hati, penyakit kulit (jika bahan kimia bersentuhan dengan kulit), memburuknya masalah pernafasan, mata berair dan gatal, serta memiliki konsekuensi serius seperti kanker.

CARA DETEKSI DENGAN TEST KIT

Saat ini ada cara paling mudah untuk medeteksi apakah ikan atau makanan menggunakan formalin atau tidak. Ada Test Kit Formalin dengan merk Easy Test (ET) Kit. Test kit dapat digunakan mudah oleh siapa saja. Test Kit Formalin cuma dibandrol dengan harga 175.000 untuk 50 kali pengujian.

Ada vidio panduan penggunaan test kit yang dapat anda lihat di Youtube untuk memudahkan Anda menggunakan Test Kit tersebut. Vidio cara penggunaan yang dapat dilihat di Youtube adalah sebagai berikut,
- Panduan Test Kit Formalin ==> KLIK LINK
- Panduan Test Kit Boraks ==> KLIK LINK
- Panduan Test Kit Metanil Yellow ==> KLIK LINK
- PAnduan Test Kit Rhodamine B ==> KLIK LINK

Sumber: www.republika.co.id

Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.
>

No comments:

Post a Comment

THANKS SO MUCH FOR: Google Search Engine, GMail, Blogger.Com, Yahoo, Yahoo Mail, Wordpress, Blog Detik, IndoNetwork, Twitter, Facebook, and others that help me reach more useful things with internet