Searching...
Saturday, 1 July 2017

Makanan Takjik Mengandung Boraks dan Formalin

Jawa Pos (Selasa, 20 Juni 2017) - Puluhan penjual takjil di kawasan padat PKL ini dihampiri tim Dinas Kesehatan. Dari delapan contoh yang diambil dinkes, terdapat satu siomay dengan kandungan boraks di dalamnya. “Kurang lebih terdapat 200 miligram per liter yang terkandung di dalamnya,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Gresik M. Nurul Dholam.

Dari 8 contoh acak itu, takjil makanan lainnya kemungkinan mengandung pewarna rhodamin, formalin, boraks dan methanil yellow. Di antaranya dari pentol, kerupuk, siomay, es buah, es kopyor hingga bongko kopyor.

Dengan membawa alat reagent testing kit untuk memeriksa kandungan makanan dan minuman, bisa diketahui reaksi selama 10 menit pemeriksaan. “Sidak ini merupakan bentuk pembinaan, sehingga kami akan bina dansosialisasikan kepada pedagang yang masih mengandung hal-hal berbahaya untuk dikonsumsi,” terang dia.

Dijelaskan, ada beberapa faktor kemungkinan terjadi. Menurutnya, penemuan boraks pada siomay ini, bisa dikarenakan faktor sengaja dna tidak sengaja. Ketidaksengajaan bisa terjadi ketika isi dari siomay digilingkan di pasar atau kulit siomay yang dibeli pada pabrik atau buatan orang lain. “Jadi harus lebih selektif memilih bahan dasar makanan dan minuman,” jelasnya.

Berdasar penemuan sidak kali ini, Kadinkes Dholam mengaku, ada peningkatan dari hasil pembinaan. Pasalnya, tahun lalu banyak takjil yang mengandung bahan berbahaya, seperti temuan rhodamin pada krupuk, es buah yang membuat buah kelihatan lebih merah. Kemudian bahan methanil yellow pada nanas yang dimasukkan dalam es buah. “Masyarakat kini semakin sadar akan kesehatan konsumen nya, faktor-faktor yang tidak disengaja iniyang perlu jaid perhatian masyarakat,” paparnya.

Seluruh penjual takjil di wilayah Metro Park menyambut sidak yang dilaukan Dinas Kesehatan. Beberapa dari mereka juga terlihat menyodorkan produknya untuk diperiksa. Salah satu nya Miswatin. Penjual es kopyor ini mengaku, sudah membuat makanan dengan bahan yang sehat dan memperhatikan kebersihan. “Kami juga butuh dibina, dan tidak apa kalaupun ada pemeriksaan karena tidak ada zat berbahay yang dicampurkan,” imbuh perempuan asal GKB ini. (est/ris)

Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!