Searching...
Saturday, 1 July 2017

Bakso Boraks dan Formalin Ditemukan di Tegal

TEMPO.CO (RABU, 14 JUNI 2017), TEGAL - Petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan, Perindustrian dan Perdagangan, dan Satpol PP Kabupaten Tegal menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar, Rabu, 14 Juni 2017. Hasilnya, mereka menemukan sejumlah makanan yang mengandung boraks, rhodamin (pewarna tekstil) dan formalin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Hendadi Setiaji, mengatakan salah satu makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya itu yakni bakso. "Makanan-makanan itu ditemukan di dua tempat yakni pasar Trayeman, dan Pasar Banjaran," kata dia di Tegal, Rabu 14 Juni 2017.

Razia digelar sekitar pukul 05.00 WIB. Awalnya petugas memeriksa warung penjual bakso di Pasar Trayeman dan mencurigai bakso tersebut mengandung bahan berbahaya. Petugas lalu menguji sampel bakso sapi dan hasilnya positif mengandung formalin.

Setelah diketahui mengandung bahan berbahaya, petugas langsung menyita bakso dari pedagang yang jumlahnya mencapai lima kilo. "Setelah hasil pemeriksaan, bakso yang dibuat ini mengandung boraks dan formalin," kata dia.

Menurut pedagang bakso, Cici, 30 tahun, tempat penggilingan berada di Pasar Banjaran, Kabupaten Tegal. Dia mengaku tidak tahu barang dagangannya mengandung bahan berbahaya. "Saya tahunya kalau bakso itu dikasih pengenyal tapi enggak tahu itu apa," katanya.

Setelah temuan itu, petugas lalu melacak tempat penggilingan bakso di Pasar Banjaran. Dan ternyata memang benar, petugas menemukan penggiling bakso yang mencampurkan bumbu mirip tepung yang mengandung boraks. "Kami cek laboratorium ternyata positif mengandung boraks," kata dia.

Selain bakso, petugas juga menemukan makanan lain yang mengandung bahan berbahaya. Diantaranya mie basah yang mengandung formalin dan kembang pacar atau sagu yang biasa digunakan untuk makanan takjil yang mengandung rodamin atau bahan pewarna tekstil. Kedua makanan itu ditemukan di Pasar Banjaran. "Saya tidak tahu," kata pedagang mie yang enggan disebut namanya.

Atas temuan itu, pemerintah memberi peringatan keras kepada para pedagang. Jika kembali ditemukan makanan berbahayaseperti formalin di toko yang sama, maka izin usaha akan dicabut. "Kami juga menyita makanan yang mengandung bahan berbahaya itu," kata Hendadi.

# MUHAMMAD IRSYAM FAIZ

Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!