Monday, 1 February 2016

Pengujian (Analisis) Kuantitatif Formalin Pada Produk Pangan Dengan Test Kit Formalin Easy Test

Sebagaimana kita ketahui, salah satu produk test kit (produk untuk uji cepat) formalin yang ada di pasaran salah satunya adalah Test Kit Formalin merk Easy Test Kit (atau orang lebih sering sebut Test Kit Easy Test). Selain faktor harganya yang murah, test kit ini 99% akurat untuk deteksi cepat keberadaan formalin (formaldehyde) pada suatu produk makanan atau minuman secara cepat.

Sayangnya test kit ini hanya dapat digunakan untuk mendeteksi ADA atau TIDAK-nya formalin pada suatu bahan yang diuji. Pertanyaannya, bisakah test kit ini digunakan untk pengujian samapai tahap kandungan (konsentrasi) formalin pada bahan yang diuji (atau pengujian kuantitatif) ??

Jawabannya, "BISA". Dengan syarat di tempat Anda tersedia Spektrofotometer (entah yang portable atau yang bagus) dan Anda mempunyai larutan standar Formaldehyde untuk membuat larutan baku standar dari konsentrasi 0, 1, 5, 10, 20, 50, dan 100 ppm. Formaldehyde (formalin) dengan metode ini dapat dideteksi dengan spektrofotometer pada range panjang gelombang antara 550-580 nm.

Berikut adalah langkah yang harus dilakukan jika Anda ingin melakukan pengujian kuantitatif senyawa formalin pada suatu bahan uji dengan menggunakan Test Kit Formalin merk Easy Test Kit,
  1. Buat terlebih dahulu larutan standar formalin dengan konsentrasi sebagai berikut; 0, 1, 5, 10, 20, 50, dan 100 ppm. Cara membuat larutan standar formalin dengan konsentrasi seperti tersebut dapat Anda cari dengan browshing di Google. Untuk membuat larutan standar formalin konsentrasi 1000 ppm silahkan ambil larutan formalin sebanyak 0,25 ml (larutan formalin baku 40%) dan tambahkan aquades (air aqua) sampai volume 100 ml.
  2. Ambil 5 ml larutan standar formalin tersebut dan tambahkan Reagent A 4 tetes dan Reagent B 4 tetes. dan Biarkan selama 5-10 menit. Ukur Absorbansinya pada Spektrofotometer yang ada pada panjang gelombang 550 nm dan catat absorbansinya dan dibuatkan kurva standarnya untuk mendapatkan persamaan (rumus) konversi antara absorbansi versur konsentrasi formalinnya.
  3. Ambil bahan yang akan diuji. Jika bahan uji cairan maka abaikan langkah ini. Ambil sebanyak 10-20 gram. Tambahkan air panas sebanyak 30 ml dan blender samapai tercampur rata. Saring dengan kertas saring.
  4. Ambil 5 ml cairan uji dan tambahkan 4 tetes Reagent A dan 4 tetes Reagent B. Biarkan selam 5-10 menit
  5. Ukur Absorbansinya pada Spektrofotometer yang ada pada panjang gelombang 550 nm. Konsentrasi formalin yang terdeteksi dapat diketahui dengan memasukkan nilai absorbansi dari cairan sampel ke dalam persamaan yang didapatkan.

Jika Anda kesulitan mendapatkan larutan standar formali dan tidak bisa membuat persamaan kurva standar formalin, maka gunakan persamaan berikut untuk perkiraan kandungan konsentrasi formalin yang diuji,
Y = 0,099X – 0,002
X merupakan nilai absorbansi sampel
Y merupakan perkiraan konsentrasi formalin yang diuji

Mudah kan... Silahkan dicoba. Mudah-mudahan bermanfaat

Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

No comments:

Post a Comment

THANKS SO MUCH FOR: Google Search Engine, GMail, Blogger.Com, Yahoo, Yahoo Mail, Wordpress, Blog Detik, IndoNetwork, Twitter, Facebook, and others that help me reach more useful things with internet