Thursday, 3 September 2015

Petugas Temukan Makanan Berformalin di Kantin Sekolah

JAKARTA - Sedikitnya lima dari 12 jenis makanan yang diperiksa mengandung bahan berbahaya di kantin Labschool Rawamangun, Jakarta Timur. Lima makanan berbahaya itu mengandung formalin, boraks dan rodhamine atau pewarna tekstil.

Hal itu diketahui berdasarkan sidak yag dilakukan oleh Tim Jejaring Pangan Jakarta Timur. Petugas itu terdiri dari Sudin Kesehatan, Kantor Perencanaan Kota (Kapenko), Sudin Kominfo, Sudin Pertanian dan Kelautan Jakarta Timur.

"Lima sampel yang mengandung bahan berbahaya di antaranya, bola-bola lobster positif formalin, baso dan sosis positif boraks, mi positif formalin, saos positif rodhamin atau pewarna tekstil," kata Wakil Wali Kota Jakarta Timur Husein Murad di lokasi, Jumat 7 Agustus 2015.

Meski sekolah tersebut bertaraf internasional, kata dia, tidak menjamin makanan yang ada di kantin bebas dari bahan berbahaya. "Cukup memprihatinkan ya, ini kan termasuk sekolah terbaik di Jakarta Timur. Tapi masih ditemukan makanan yang positif bahan-bahan berbahaya," tambahnya.

Husein mengimbau, kepada pihak sekolah dan orangtua murid agar selalu berkoordinasi untuk mengawasi makanan di kantin sekolah. "Semua pihak harus turun tangan, pihak sekolah dan orangtua diharapkan bisa mengawasi secara rutin. Misalnya dua hari sekali," ujarnya.

Sementara itu, Azra siswi SMP Labschol kelas VII  mengaku kaget, dengan temuan dari Tim Jejaring Pangan tersebut. "Kaget dan khawatir iya, untungnya biasa bawa bekal," kata Azra.

Perlu diketahui, efek jangka panjang dari mengonsumsi makanan yang mengandung bahan berbahaya yakni penyakit kanker, keracunan pada hati dan kerusakan ginjal dan organ tubuh lainnya hingga berujung pada kematian. (Sumber: Metro.SindoNews.Com)

CARA MENGETAHUI ADANYA FORMALIN

Kepala Balai Besar Badan Pengawasan Obat dan Makanan di Jakarta Dewi Prawitasari memberi tahu cara mengetahui makanan yang mengandung formalin.

"Kalau formalin atau boraks, memang harus ada pengujian setelah dimasak. Tidak bisa mentah," kata Dewi saat inspeksi di Rawamangun, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan kandungan formalin pada makanan sulit diketahui dengan hanya mencium aromanya. Menurut dia, kandungan formalin pada makanan bisa diketahui dengan menaruh makanan selama tiga hari dalam ruangan bersuhu kamar, sekitar 25 derajat Celsius. Makanan yang mengandung formalin, seperti tahu, tidak rusak atau berlendir setelah tiga hari. "Tidak ada semut atau lalat yang mendekat," kata Dewi.

Ia menambahkan, tahu yang mengandung formalin umumnya berbau menyengat serta lebih kenyal dan tidak mudah hancur. Dewi menjelaskan pula bahwa mie basah yang mengandung boraks biasanya kenyal, tidak lengket dan terlihat lebih mengkilap. Sementara makanan yang mengandung pewarna tekstil, ia melanjutkan, warnanya mencolok dan menimbulkan titik-titik warna pada makanan.

Untuk langkah mudah, dapat digunakan TEST KIT FORMALIN yang akan membantu seseorang mendeteksi keberadaan formalin dalam makanan atau minuman. Detail info Test Kit Formalin dapat dibaca di LINK INI

Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.
>

No comments:

Post a Comment

THANKS SO MUCH FOR: Google Search Engine, GMail, Blogger.Com, Yahoo, Yahoo Mail, Wordpress, Blog Detik, IndoNetwork, Twitter, Facebook, and others that help me reach more useful things with internet