Tuesday, 7 July 2015

Waduh, Makanan Mengandung Pewarna Tekstil dan Formalin Masih Marak di Bandung

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung masih menemukan beberapa olahan pangan yang menggunakan zat-zat yang tidak diperkenankan digunakan pada olahan pangan. Hasil tersebut di dapatkan dari hasil Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan di dua Pasar tradisional.

Berdasarkan pantauan galamedianews.com, Selasa (7/7/2015), sidak yang dilakukan BBPOM bekerjasama denga Polda Jabar, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, masih menemukan zat-zat berbahaya pada olahan pangan. Berdasarkan hasil tes kit dari 39 sampel yang diambil dari Pasar Cihaurgeulis dan Pasar Sadang Serang, 10 sampel positif mengandung Rodhamin B dan formalin.

Hasil tes kit yang diambil dari Pasar Cihaurgeulis ditemukan tiga jenis terasi yang positif mengandung Rodhamin B (pewarna merah tekstil), Kerupuk melarat positif Rodhamin B, Pacar Cina, positif Rodhamin B, dan Mie basah yang positif mengandung formalin.

"Sedangkan untuk di Pasar Sadang Serang, ditemukan ikan asin cucut positif mengandung formalin, kerupuk kembang yang positif mengandung rodhamin B, agar-agar rumput laut mengandung formalin dan mie basah yang positif mengandung formalin," ungkap Fauzi Andriansyah, Inspektorat Pangan BBPOM.

Fauzi menyebut, untuk tindak lanjut kedepan pihaknya akan melakukan penelusuran kepada pihak produsen olah-olahan pangan ini. Selain itu, pihaknya juga meminta kepada PD Pasar untuk melakukan pengawasan lanjutan terhadap Pasar-pasar yang terdapat olahan pangan berbahaya tersebut.

"Kita akan telusuri seperti mie basah dari beberapa pabrik sudah kita lakukan penggerebekan, proses hukum memang arahnya kesana untuk produsennya. Kalau untuk pedagangnya karena dia g tau, kita kasih pembinaan. Kemudian, kita titip pesan juga kepada PD Pasar agar produk-produk itu tidak ada di Pasar lagi," sebutnya.

Terkait perizinan, lanjut dia, apabila produk olahan tersebut terdaftar PIRT, pihaknya akan melakukan pengecekan ke data base yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan.

"Kalau dia terdaftar PIRT kita akan cek data base yang ada di Dinkes ada atau tidak, kalau ada nanti kita datangi kesana. Ramadan ini banyak produk-produk olahan pangan dadakan, kaya pacar cina, yang mana kalau hari-hari biasa jarang dijual," terangnya.

Dikatakannya, sebagaimana diketahui, Rodhamin B merupakan zat yang tidak boleh berada pada olahan pangan. Sebab, dapat menyebabkan kanker hati apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

"Kalau dikonsumsi jangka panjang, kalau terakumulasi di dalam tubuh untuk jangka panjang, dia bisa menyebabkan kanker hati," katanya. (Sumber galamedianews.com)

UNTUK MEMUDAHKAN MENEMUKAN PRODUK KAMI, DOWNLOAD APLIKASI ANDROID KAMI DI LINK BERIKUT,


Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

No comments:

Post a Comment

THANKS SO MUCH FOR: Google Search Engine, GMail, Blogger.Com, Yahoo, Yahoo Mail, Wordpress, Blog Detik, IndoNetwork, Twitter, Facebook, and others that help me reach more useful things with internet