Tuesday, 7 July 2015

Mie Gepeng Positif Formalin, Terasi Mengandung Pewarna Tekstil

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Meski pabrik mie gepeng di Kota Sukabumi telah digerebek aparat gabungan beberapa waktu lalu, namun faktanya mie yang positif mengandung formalin ini marak beredar di sejumlah pasar tradisional. Walikota Sukabumi M Muraz pun kaget bukan main mengetahui langsung hasil tes uji makanan (Rapid test, red) yang dilakukan jajarannya di kawasan Pasar Gudang, Kota Sukabumi, Jumat (26/6). Tim pun langsung menyita mie gepeng yang terbukti mengandung zat berbahaya, untuk ditindak lanjuti lebih jauh.

Parahnya lagi, saat sidak makanan berlangsung, Muraz yang membawa Sekretaris Daerah (Sekda) Hanafie Zain, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), serta instansi terkait dalam sidaknya itu juga menemukan terasi colek positif mengandung pewarna tekstil.

Dari pantauan Radar Sukabumi (Grup Pojoksatu.id), tim juga bergerak ke pasar modern seperti Ramayana, Superindo, Giant dan Toserba Tiara. Beberapa makanan yang dites saat itu di antaranya mie basah, ikan asin, kolang kaling, agar, bumbu masakan yang sudah digiling, sosis, bumbu masakan, buah-buahan dan lainnya. Tanggal kadaluarsa yang ada dalam parcel pun tak luput dari pengecekan.

“Dari 12 jenis sampel makanan yang diujikan, ada dua yang mengandung bahan berbahaya bagi tubuh yakni mie gepeng positif mengandung formalin, dan terasi colek mengandung pewarna tekstil. Sementara yang lainnya seperti perwarna agar-agar dan rumput laut itu negatif. Sedangkan bakso, tidak mengandung formalin,” ungkap Kepala UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Sukabumi, Fahrizal, kemarin.

Dijelaskannya, rapid test cukup efektif untuk mengetahui kandungan zat-zat berbahaya dalam makanan. Nilai akurasinya pun bisa mencapai sekitar 90 persen.

Walikota Sukabumi M Muraz menambahkan, pemeriksaan terhadap makanan yang beredar merupakan tugas dari pemerintah. Pihaknya ingin memastikan makanan yang tersedia di pasar maupun swalayan tersebut aman. Artinya, masyarakat harus diberikan jaminan perlindungan terhadap makanan yang dikonsumsi.

“Kita lakukan tes terhadap makanan yang dijual di pasar-pasar tradisional maupun di pasar modern apakah mengandung formalin, boraks, atau pewarna. Termasuk mengecek apakah makanan yang dijual, khususnya di pasar-pasar swalayan sudah kadaluarsa atau tidak. Saya meminta semua petugas baik itu Dinkes, Diskoperindag, dan Satpol PP untuk menyetop peredaran makanan atau minuman yang mengandung bahan berbahaya” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Sukabumi, Rita Nenny mengatakan, dalam operasi kali ini pihaknya menitikberatkan pada makanan-makanan yang diduga mengadung zat formalin, boraks, dan zat pewarna. Biasanya, tes seperti itu dilakukan tiap tiga bulan sekali. Namun kebetulan saja sekarang ini bertepatan dengan Ramadan.

Dia juga mengakui, jika hasil pemeriksaan dua bulan terakhir dari sepuluh sampel jenis makanan, pihaknya menemukan zat-zat berbahaya juga seperti buah-buahan mengandung pestisida dan gula merah berformalin. Ini merupakan follow up dari pemeriksaan sebelumnya.

“Alhamdulillah kami tidak menemukan itu lagi. Lantaran bagi pedagang yang menjual makanan berbahan zat berbahaya itu sudah kami panggil dan lakukan pembinaan,” katanya. (Sumber jabar.pojoksatu.id)

UNTUK MEMUDAHKAN MENEMUKAN PRODUK KAMI, DOWNLOAD APLIKASI ANDROID KAMI DI LINK BERIKUT,


Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

No comments:

Post a Comment

THANKS SO MUCH FOR: Google Search Engine, GMail, Blogger.Com, Yahoo, Yahoo Mail, Wordpress, Blog Detik, IndoNetwork, Twitter, Facebook, and others that help me reach more useful things with internet