Searching...
Monday, 8 June 2015

Siomay dan Kwetiau di Sabang Jakpus Mengandung Formalin

VIVA.co.id - Badan Pengawasan Obat dan Makanan DKI Jakarta (BPOM) bersama dengan Pemerintah Kota Jakarta Pusat, hari ini, Jumat 22 Mei 2015 melakukan inspeksi mendadak ke Kampung Lima, Sabang, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam sidak ditemukan ada lima sampel makanan yang terbukti mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh manusia.

Kelima sempel makanan itu yakni, tahu putih, tahu kuning, tahu siomay, kwetiau, dan ketupat. Diketahui, kelima bahan makanan tersebut terbukti mengandung zat formalin, dan satu di antaranya terbukti mengandung boraks.

"Dalam sidak kali ini, kami temukan lima sampel mengandung formalin semuanya. Kecuali ketupat mengandung boraks," kata Dewi Prawita Sari, di Kampung Lima, Sabang, Menteng Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, Kepala Suku Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Jakarta Pusat, Ety Syartika, menjelaskan untuk saat ini, para pedagang yang dagangannya terbukti mengandung zat kimia berbahaya akan dikumpulkan dan diberikan imbauan. Namun ia menambahkan, apabila dalam sidak selanjutnya pedagang masih terbukti mencampur zat kimia berbahaya, maka akan diberikan sanksi tegas, berupa dilarang berjualan lagi di Kampung Lima.

"Pada tahap ini kami tidak akan memberikan sanksi. Kami akan melakukan pembinaan terlebih dahulu terhadap para pedagang itu. Namun ke depannya kalau ditemukan lagi dagangan mereka masih mengandung zat berbahaya, maka akan kami kenakan sanksi, yaitu berupa larangan untuk berjualan lagi di sini," kata Ety.

Mengapa para pedagang ini belum diberikan sanksi tegas, karena Ety menilai para pedagang tidak mengetahui juga bahwa barang yang mereka jual mengandung zat kimia berbahaya. Maka dari itu, ia menegaskan nantinya pada pedagang ini harus beralih dalam membeli bahan pangan yang akan mereka gunakan untuk berjualan dari orang yang sebelumnya mereka beli.

"Kami akan tanya sumbernya dari mana mereka beli, dan akan mengimbau mereka agar tidak membeli pada mereka lagi," ujar Ety. (ase)

SUMBER: metro.news.viva.co.id

Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

Find Us on BukaLapak with This LINK and on TokoPedia with This LINK
 
Back to top!