Monday, 8 June 2015

Dinkes Temukan Formalin pada Makanan Kaki Lima

MAJALENGKA, (PRLM).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka banyak menemukan jajanan berformalin yang dijual oleh sejumlah pedagang makanan kaki lima di Alun-alun Kota Majalengka. Hasil sample dari 44 pedagang makanan, 13 pedagang di antaranya berjualan makanan mengandung bahan pengawet berbahaya.

Makanan yang diuji labolatorium tersebut hampir keseluruhannya makanan jadi yang kemudian diolah para pedagang sebelum dikonsumsi oleh konsumennya. Hanya pada umumnya para pedagang tersebut tidak mengetahui kalau makanan yang dijualnya tersebut berbahan pengawet berbahaya jika dikonsumsi manusia.

Bupati Majalengka Sutrisno disertai Kepala Dinas Kesehatan mengatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Rieswan Graha mengatakan, rajia makanan berformalin tersebut dilakukan tim dari Dinas Kesehatan dan Perdagangan beberapa hari lalu. Itu sengaja dilakukan berawal dari adanya indikasi peredaran makanan dan jajanan berbahan pengawet berbahaya namun justru banyak di gemari masyarakat.

“Atas temuan tersebut kami sudah memberikan peringatan kepada para pedagang agar tidak menjual makanan tersebut, kalaupun menjual makanan yang sama disarankan agar mencari makanan yang tidak menggunakan formalin sehingga tetap tidak kehilangan pelanggannya. Jualan bisa tetap berlanjut,” ungkap Rieswan Graha.

Makanan yang telah diperiksa dan dinyatakan mengandung formalin diantaranya adalah seblak, bakso, mie ayam, tahu bulat, tahu kuning serta sejumlah makanan lainnya. Sedangkan pedagang makaroni mengandung perwarna tekstil. Jenis makanan tesrebut sangat membahayakan kesehatan.

Atas persoalan tersebut menurut Bupati, pihaknya telah melaporkan kasus tersebut kepada kepolisian untuk ditindaklanjuti dan dilakukan penelitian lebih mendalam. Pemeriksaan dianggap penting guna megusut mata rantai barang dagangannya hingga ke tingkat produsen, karena yang harus ditindak adalah produsennya, selain mengingatkan pedagang makanan. Para pedagang sendiri ternyata tidak mengetahui kalau barang dagangannya mengandung formalin, mereka mengaku hanya mencari bahan mentah untuk diolah kembali bukan buatan sendiri.

“Saya meyakini bahwa para pedagang ini tidak mengetahui kalau makanan yang dijualnya tersebut mengandung bahan berbahaya. Makanya yang harus diusut adalah produsennya agar dia berhenti memproduksi makanan berbahaya,” ujar Bupati.

Di samping itu menurut Bupati tidak menutup kemungkinan makanan yang sama juga dijual di tempat lain di luar daerah sehingga peredarannya cukup luas.

Bupati juga mengintruksikan Dinas Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan terhadap jajanan di sekolah-sekolah terutama Sekolah Dasar, jangan sampai anak-anak yang proses pertumbuhan otaknya masih bagus dijejali makanan berbahaya hingga menganggu kecerdasan berfikir anak-anak.
"Yang harus di tangkap dan di tindak adalah produsen makanannya, pabriknya harus diketahui berada dimana. Hanya menurut sumber barang yang mengandung formalin ini bukan hanya diperjualbelikan di Majalengka, tapi hampir dari semua daerah, yang kabarnya pabriknya berada di Bandung," papar Bupati.

Sutrisno sendiri mengaku tidak akan melarang para pedagang menghentikan usahanya, karena itu menyangkut hajat hidup orang banyak. Terlebih kawasan alun-alun sengaja dibuat untuk menghidupkan roda ekonomi masyarakat. Apalagi tugas dan kewajiban pemerintah itu memberikan pelayanan dasar, melakukan pembangunan dan memberikan perlindungan terhadap masyarakat.

"Mereka kan lagi usaha, untuk memberikan nafkah terhadap keluarganya. Jadi, dipersilakan dagang kembali, hanya jangan menggunakan makanan berformalin," pinta Sutrisno. (Tati Purnawati/A-147)

SUMBER: pikiran-rakyat.com

Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

No comments:

Post a Comment

THANKS SO MUCH FOR: Google Search Engine, GMail, Blogger.Com, Yahoo, Yahoo Mail, Wordpress, Blog Detik, IndoNetwork, Twitter, Facebook, and others that help me reach more useful things with internet