Friday, 1 May 2015

Dua Tahun Sudah Pabrik Tahu Bercampur Formalin Itu Racuni Masyarakat

DEPOK (ET Today News) – Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BP POM) beserta anggota Mabes Polri menggrebek pabrik pembuatan tahu berformalin di Kampung Sawah, RT.3/01, Desa Ragajaya, Kec. Tajurhalang, Kabupaten.Bogor.

Kepala Penyindik BP POM RI, Hendry Siswadi mengatakan pabrik itu telah beroperasi dua tahun bisa memproduksi tahu perhari mencapai 18 kwintal atau setara Rp.9 juta. “Tahu-tahu yang telah jadi diedarkan untuk wilayah Jakarta Barat, Timur, Selatan, Depok, Bogor, dan Bekasi. Pembuatnya telah mencampur bahan produksi kedelai diolah menjadi tahu dicampur bahan kimia formalin yang merugiakan kesehatan manusia,”ujarnya didampingi Koordinator Pengawasan Penyidik Pegawai Negeri Sipir (Korwas PPNS) Mabes Polri, AKBP H. Pardjono SH, kepada Pos Kota di lokasi.

Hendry menyebutkan, atas laporan warga dan hasil penelusuran investigasi selama hampir dua minggu dari yang dijual di pasar tradisional akhirnya diketahui lokasi pembuat tahu. Setelah dites mellaui uji laboratorium dengan menggunakan bahan kimir terbukti tahu yang dibeli masyarakat berformalin.

“Petugas bagian laboratorium mengecek menggunakan alat dan bahan kimia khusus dalam produksi pembuatan tahu. Terbukti hasil uji warna berubah menjadi ungu, itu tanda produksi tahu yang dibuat menggunakan formalin,”katanya.

Pria ini mengatakan pihaknya sedikit menemui kendala untuk bisa mengetahui keberadaan pabrik. Pasalnya, pabrik yang berada di lokasi pemukiman warga ini tertutup. “Hasil penyelidikan kita campuran formalin yang dimasukkan ke dalam pembuat tahu (kedelai cukup besar. Dampaknya merugikan bagi kesehatan jika dikonsumi, salah satunya akan terjangkit menimbulkan kanker dan ginjal,”ungkapnya.

Bersama petugas Mabes Polri, di lokasi petugas BP POM menyita barang bukti tujuh drigent yang diolah menjadi tahu yang sudah dicampur formalin.

“Atas hasil ini pemilik sekaligus pengelolah pabrik akan dikenakan sanksi Pasal UU Pangan No. 18 Tahun 2012 dengan ancaman lima tahun. Sedangkan pengelola yaitu berinisial S,40, sudah diamankan petugas,” jelasnya.

“Untuk sementara satu pabrik terdapat tiga tempat produksi pembuatan tahu akan kita tutup. Setidaknya dari penggrebekan yang kita lakukan bisa menyelamatkan masyarakat dari tahu berformalin,”tambahnya.

Korwas PPNS Mabes Polri, AKBP H.Pardjono SH menambahkan razia akan dilakukan seluruh Indonesia dengan bekerjasama dengan kementrian.

“Kita sifatnya hanya pendampingan saja untuk dibuatkan laporan hasil dilapangan ke pimpinan. Untuk penindakan hukum diserahkan ke BP POM sesuai UU yang ada,”ucapnya didampingi empat anggota penyidiknya.

Sedangkan berdasarkan pengakuan salah satu pekerja cairan formalin digunakan hanya untuk menghilangkan busa dalam proses pembuatan.

“Terdapat busa jika produksi tahu, untuk menghilangkan busa tersebut memberikan formalin sedikit ke dalam bahan produksi kedelain untuk menghilangkan busa,”papar, Jono,40, pekerja. “Produksi tahu dimulai dari pukul 08:00 hingga sore. Langsung diedarkan untuk pasar tradisional wilayah Bogor dan Bekasi.” (Angga)

SUMBER: poskotanews.com

Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

No comments:

Post a Comment

THANKS SO MUCH FOR: Google Search Engine, GMail, Blogger.Com, Yahoo, Yahoo Mail, Wordpress, Blog Detik, IndoNetwork, Twitter, Facebook, and others that help me reach more useful things with internet