Searching...
Thursday, 15 August 2013

Pembandingan Beberapa Produk Test Kit Formalin yang ada di pasaran

Test formalin adalah salah satu test yang paling banyak dilakukan di industri makanan . Analisa ini biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah bahan makanan menggunakan formalin sebagai pengawet. Bahan makanan yang biasanya menggunakan formalin adalah tahu, baso dan ikan.

Di Indonesia , banyak beredar test kit untuk menguji adanya formalin di makanan. Mulai dari yang buatan jerman, thailand sampai buatan dalam negri. Bahkan ada satu universitas yang mulai memproduksi dan menjualnya ke publik.

Sepanjang yang kami tahu, test kit yang paling banyak dijual adalah test kit buatan jerman dari Merck. pada waktu ditemukannya penggunaan formalin secara masif, test kit ini habis hanya untuk melayani pasar Indonesia.

Di Merck, test kit formalin yang tidak menggunakan instrument terdiri dari dua jenis yaitu Aquamerck dan Mercoquant. Keduanya dibedakan berdasarkan range analisa , kemudahan dan tingkat sensitivitas analisa.

Berikut adalah perbedaan aquamerck dan mercoquant :

Aquamerck
  • Menggunakan tabung dan colour card sebagai pembanding
  • Menggunakan 2 pereaksi
  • Memerlukan pH paper untuk mengatur pH sebelum pemeriksaan
  • Memerlukan bahan dan peralatan untuk mencuci tabung
  • Kadar 0,1 – 0,25, 0,4 -0,6 -0,8 -1,0 – 1,5 ppm formalin
  • cost pertest Rp.17.000,00

Mercoquant
  • Menggunakan pembanding yang terdapat pada botol test kit
  • Berbentuk stik, mudah digunakan , tinggal dicelup dan lihat perubahan warna
  • Tidak memerlukan bahan lain
  • Kadar 10 – 20 – 40 -60 – 100 ppm formalin
  • cost per test Rp.9.900,00

COBA KITA BANDINGKAN DENGAN TEST KIT EASY TEST. Test Kit Formalin Easy Test dibandorl dengan harga MURAH untuk 50 kali pengujian, artinya bea per analisa untuk test kit ini hanya Rp.3.000,00 artinya sekitar 1/3 sampai 1/6 kali harga analisa test kit Merck. Test kit ini mampu mendeteksi dengan tingkat sensitifitas sampai 2 ppm artinya masih jauh lebih teliti dibandingkan test kit formalin Mercoquant.

Kelemahan Test Kit Formalin Easy Test ada pada pengukuran semikuantitatif jika perkiraan konsentrasi kandungan formalin menjasi HAL PENTING (karena tidak ada color card dalam paketan test kitnya), tapi dengan peraturan bahwa formalin tidak boleh ada maka penentuan konsentrasi formalin menjadi kurang penting pada banyak pengguna test kit. Jikapun mau mencoba melihat konsentrasi formalin yang ada di bahan uji, dengan membuat larutan standar formalin dari konsentrasi 0, 2, 5, dan 10 ppm maka dapat diperkirakan konsentrasi formalin pada bahan uji dengan membandingkan tingkat pewarnaan test kit pada larutan standar dengan bahan uji.

Jika mau membandingkan dengan Test Kit Formalin ChemKit, saya tidak komentar...!! Silahkan coba bandingkan tingkat pewarnaan Test Kit Formalin Easy Test dengan Test Kit itu dan silahkan ada berkomentar sendiri.

Dalam melakukan analisa formalin dengan menggunakan test kit ini, yang menjadi permasalahan biasanya adalah bagaimana melakukan sample preparation, pada beberapa bahan uji yang berwarna biasanya warna yang ada dapat menyebabkan kesalahan pengujian. Jika warna larutan ekstrak tidak terlalu mengganggu maka hal ini dapat diabaikan, tapi JIKA MENGGANGGU maka biasanya digunakan bahan pembantu carez 1 san carez 2. Ke dua reagen ini bisa membantu mengubah cairan menjadi jernih tanpa mengurangi kadar formalinnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam analisa menggunakan test kit ini adalah ;
  1. Analisa ini merupakan analisa semi kuantitif, artinya hasil yang didapatkan bukan merupakan nilai eksak yang bisa dijadika standar. Jika dibutuhkan hasil yang akurat analisa harus diulang dengan menggunakan instrumen yang lebih sensitif.
  2. Karena menggunakan mata sebagai alat pembaca, hasil pembacaan biasanya akan berbeda untuk tiap orang . Hasil pembacaan juga akan berbeda untuk tiap tempat dengan penerangan yang berbeda.
  3. Warna pengukuran tidak stabil terlalu lama.

Note: Sebagian tulisan diambil dari A l a t A l a t l a b o r a t o r i u m . c o m

Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

Find Us on BukaLapak with This LINK and on TokoPedia with This LINK
 
Back to top!