Wednesday, 30 November 2011

Hati-hati ada ikan mengandung tawas dan zat pemutih beredar di pasar

Menonton sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta, dimana ada berita bahwa saat ini beredar ikan asin yang di jual di pasar-pasar dimana ikan asin tersebut mengandung hidrogen peroksida atau pemutih dan tawas. Pemakaian zat kimia pada ikan asin ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita.
Tujuan pemakaian zat berbahaya ini adalah :
  • Adanya permintaan dari penjual kepada pemasok, agar ikan asin yang di kirim kepada mereka memiliki warna dan kondisi yang baik dan bersih, padahal mereka ( pemasok ) kadangkala menjual ikan yang sudah tidak bagus atau dalam kondisi membusuk, maka agar kelihatan segar mereka mempergunakan zat kimia berbahaya tersebut.
  • Agar harga ikan asin yang di jual oleh pemasok kepada pedagang di pasar, sama dengan harga ikan asin yang mutunya baik, padahal kondisi ikan asin yang sebenarnya adalah tidak baik atau busuk.
Untuk mengantisipasi membeli ikan-ikan asin tersebut, maka kita diharapkan berhati-hati memilih mana ikan yang baik atau tidak. Adapun mengantisipasi hal tersebut, kita sebagai pembeli atau pengkonsumsi ikan tersebut, harus memilih dengan cara sebagai berikut :
  • Jangan membeli ikan yang kelihatan dalam kondisi putih bersih, kemungkinan itu sudah mempergunakan pemutih ( hidrogen peroksida ) dan tawas. Maka kita usahakan membeli ikan dengan warna yang wajar, walau kadangkala berwarna hitam atau coklat, malah ikan seperti itu yang lebih baik dan bebas dari zat berbahaya tersebut.
  • Ikan asin yang mengandung zat berbahaya tersebut, biasanya tidak di hinggapi lalat, untuk itu jika kita melihat ikan dalam kondisi tidak ada lalat yang hinggap pada saat di pasar tradisional, maka kita harus waspada. Ikan yang dihinggapi lalat dan berbau ikan, berarti itu yang bebas dari zat berbahaya tersebut.
  • Ikan yang mengandung zat hidrogen peroksida dan tawas, biasanya tidak gampang patah dan agak keras, oleh karena itu jika kita membeli ikan coba di patahkan, jika agak susah maka mengandung zat tersebut.
Hidrogen peroksida biasa di pergunakan sebagai pemutih pada pakaian dan tidak di perkenankan digunakan pada makanan, sedangkan tawas biasa di gunakan untuk pembersih air.
Sumber Artikel: Pakai link ini

Test kit kami paling murah di Indonesia, Silahkan buktikan..!!

DETAIL PRODUK KAMI KLIK DISINI | DAFTAR HARGA KLIK DISINI | PROSEDUR PEMESANAN KLIK DISINI

Salam Hangat
www.testkitshop.com | www.etgroupbiz.com | www.easytestinfo.com

Note: ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

No comments:

Post a Comment

THANKS SO MUCH FOR: Google Search Engine, GMail, Blogger.Com, Yahoo, Yahoo Mail, Wordpress, Blog Detik, IndoNetwork, Twitter, Facebook, and others that help me reach more useful things with internet